Komite IV DPD Dorong Pemda di Kalteng Manfaatkan Dana PEN

Redaksi

Komite IV DPD dorong pemda di Kalteng manfaatkan dana PEN

Palangka Raya (Corong Nusantara) – Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendorong agar pemerintah daerah di Provinsi Kalimantan Tengah dapat memanfaatkan dana dari pusat melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Salah satunya yakni pinjaman dana PEN daerah sebagai dukungan pembiayaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemda untuk percepatan pemulihan ekonomi yang terdampak akibat pandemi COVID-19, kata Wakil Ketua Komite IV DPD RI Darmansyah Husein di Palangka Raya, Selasa.

“DPD mendorong namun dengan cara yang benar, sehingga tidak asal dilakukan pinjaman,” terangnya usai melaksanakan rapat kerja bersama pemda di Kalteng.

Pemanfaatan pinjaman dana PEN ini diharapkan mampu mendukung percepatan pemulihan ekonomi di daerah, maupun pelaksanaan pembangunan yang memberikan manfaat terhadap perekonomian serta kesejahteraan masyarakat.

“Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat ini, agar pembangunan di daerah tetap berjalan. Kebijakan pinjaman daerah ini, bagi daerah yang ingin mengajukan pinjaman dan memenuhi kualifikasi, di tengah beragam sumber pembiayaan alternatif bagi pemda,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang pihaknya terima, salah satu yang memanfaatkan kebijakan ini adalah Pemkot Palangka Raya. Kedatangan Komite IV DPD pada hari ini, di antaranya untuk mengawasi supaya program nasional tersebut benar-benar memberi manfaat bagi daerah.Baca juga: Pemprov Kalteng targetkan persoalan batas wilayah tuntas pada 2023

Dia menjabarkan, melalui kunjungan kerja pihaknya ingin melihat sejauh mana respon pemda di Kalteng untuk pemanfaatan terhadap tawaran dari pusat tersebut, maupun untuk mengetahui hambatan apa saja yang ada di lapangan.

“Kalau ada hambatan kita sampaikan kepada Menteri Keuangan sebagai mitra kerja Komite IV DPD,” jelas Darmansyah.

Sementara itu Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang diwakili Staf Ahli Gubernur Suhaemi mengatakan, pihaknya mengapresiasi dilaksanakannya pertemuan dan rapat kerja bersama Komite IV DPD RI tersebut.

 

Also Read